Labuan Bajo, Indonesia

Indonesia, yaaaa, tanah air kita yang tercinta. Banyak banget destinasi-destinasi yang bagus plus indah banget bwt dikunjungin. Kalau orang luar negeri pasti paling banyak berkunjungnya ke Bali, Jakarta, Bandung, Jogja, dll. Tapi kali ini gw pengen ksh tau lagi tentang Wisata Wisata di Indonesia Bagian Timur. Cekidot informasinya: 


Labuan Bajo, ibu kota Kabupaten Manggarai Barat, di Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur, kini menjadi magnet yang kuat dalam menyedot wisatawan, terutama dari mancanegara. Kota itu menjadi pintu gerbang menuju habitat asli reptilia purba komodo (Varanus komodoensis), yang juga menjadi ikon dan kebanggaan Manggarai Barat.
Labuan Bajo adalah sebuah pelabuhan kecil yang cantik di ujung paling barat pulau Flores dan merupakan pintu masuk ke Taman Nasional Komodo (TNK) dan keajaiban pulau Flores lainnya. Saat matahari terbenam, Labuan Bajo menawarkan pemandangan spektakuler ketika pulau-pulau kecil yang menghadap ke siluet pelabuhan secara dramatis menciptakan efek yang ajaib, seajaib apa, Anda harus datang dan menyaksikannya sendiri.

Labuan bajo yang ada di pulau flores ini,dikenal sebagai batu loncatan bagi wisatawan yang ingin meneruskan langkahnya ke pulau Komodo atau rinca untuk melihat kadal terbesar di dunia itu. Labuan Bajo tadinya hanya desa nelayan kecil yang kemudian mengubah diri sesuai dengan perubahan zaman. Banyak wisatawan asing yang datang sebagai bagian dari promosi wisata Indonesia ke dunia internasional.
Komodo memang merupakan atraksi pariwisata yang menjadi jagoan di daerah Nusa Tenggara Timur. Daya tarik terbesar itulah yang membuat Labuan Bajo kemudian menggeliat dan menerima kedatangan tamu-tamu dari berbagai belahan dunia. Mendatangi wilayah ini sangatlah mudah, baik melalui jalan darat, laut maupun udara.


Mendatangi wilayah ini sangatlah mudah, baik melalui jalan darat, laut maupun udara. Khusus Jalur udara, Maskapai Sky Aviation, Wings Air, Garuda Indonesia, dan Lion Air telah membuka jalur menuju daerah ini yang bertolak dari Denpasar, Bali..Bandara Labuan bajo terletak sekitar dua kilometer dari pusat kota
Dengan semakin meningkatnya jumlah wisatawan yang berkunjung ke Komodo dan Flores, hotel berbintang semakin bertambah. Di Labuan Bajo Anda akan menemukan agen perjalanan, operator selam, perahu motor, liveaboards untuk membawa Anda ke Taman Nasional Komodo, atau pergi menyelam di perairan yang masih murni. Di Labuan Bajo Anda juga bisa menyewa mobil untuk membawa Anda berkunjung ke pedalaman Flores, Gunung Kelimutu dan Maumere.


Labuan Bajo ini sesungguhnya merupakan kota pelabuhan, seperti Tanjung Priok, bedanya Labuan Bajo punya bonus pemandangan menarik dari bukit-bukit di seberangnya, kapal-kapal wisata yang bersender, dan sunsetnya yang menawan. Di Labuan Bajo hanya ada 1 ruas jalan yang paling ramai, yaitu Jl. Soekarno Hatta, dan di jalanan ini berjejer segala macam hotel, restoran, warung, rumah makan, tour operator dan dive center yang bisa disesuaikan dengan budget. Dulu, kota ini tampak kurang hidup, semua bangunan terlihat ala kadarnya, hotel-hotel pun tampak kurang menarik untuk diinapi dan restoran-restorannya nggak bikin kita pengen makan disana, hanya ada 1 cafe yang menjadi tujuan utama tamu saat berada di Labuan Bajo, yaitu Paradise Bar. Paradise Bar ini seru deh, letaknya diatas bukit dan pemandangannya laut lepas yang kalau malam hanya telihat lampu-lampu dari kapal yang bersandar, cahaya bulan dan bintang.


Sekarang, jalanan ini mulai membenahi diri terlihat dengan munculnya beberapa hotel baru, bahkan ada butik hotel! Bangunan restorannya mengundang orang untuk datang, selama 2 hari disana saya cuma sanggup masuk ke 2 restoran yang ada karena keenakan berada di dalamnya (makanannya juga enak!), yaitu: Mediterraneo dan Tree Top.
Anda dapat menyewa mobil dari bandara Labuan Bajo untuk berkunjung ke setiap tempat di daratan Flores. Tingkat harga tergantung pada negosiasi Anda, saat ini harga yang ditawarkan berkisar Rp500,000,00 per hari. Hotel dapat membantu Anda mendapatkan mobil sewaan.


Untuk mobilitas Anda dalam kota, bemo (angkutan umum tradisional) dan taksi motor yang tersedia, tetapi hanya beroperasi sampai 21:00. Jika Anda ingin mengunjungi pulau-pulau terdekat, seperti ke Taman atau Rinca, kapal motor dan kapal cepat tersedia di pelabuhan.
Hampir semua tempat menarik di Labuan Bajo terletak di pulau-pulau yang menghadap ke pelabuhan ini. Kebanyakan masih kosong, Anda bisa merebahkan tubuh di atas pasir sambil menikmati cahaya matahari menyirami tubuh Anda, atau coba juga kegiatan lainnya seperti: berjemur, menyelam atau snorkeling.
Pulau Bidadari memiliki pantai yang indah untuk berjemur, snorkeling dan menyelam. Pulau Kanawa dan Pulau Kukusan Kecil juga menarik untuk kegiatan snorkeling dan menyelam. Selain itu, pulau Serayu juga memiliki pasir putih dan karang yang indah.

Labuan Bajo menyimpan atraksi wilayah yang cenderung masih asri dan alami. Tak mengherankan bila kemudian dapat menarik banyak wisatawan mancanegara berkunjung kesini. Pantai –pantai di Labuan Bajo masih alami dengan air kebiruan yang bersih kemudian rangkaian pulau – pulau yang berdekatan dengan Labuan Bajo merupakan magnet yang tiada duanya. Terutama adalah pulau Komodo yang menjadi habitat asli dari kadal raksasa, Komodo. Ditambah pula dengan keindahan bawah air yang merupakan atraksi wisata penyelaman dan snorkeling.
Untuk menunjang kebutuhan penyelaman, sudah tumbuh usaha-usaha yang menawarkan jasa penyelaman ini. Biasanya paket yang ditawarkan adalah paket penyelaman sehari dan tiga hari. Untuk paket harian biasanya dipatok dengan harga Rp.800rb yang sudah meliputi dua penyelaman, peralatan penuh dan makan siang. Harga untuk penyelaman 3 hari mencapai Rp 2,3 juta dengan fasilitas yang sama. Peralatan yang disediakan sudah terjamin keamanannya. Hanya saja menyelam di perairan Labuan Bajo bukan untuk pemula. Ini dikarenakan arus bawah laut yang sangat kuat.


Sama halnya dengan menyelam, Snorkelling sangat banyak diminati oleh wisatawan mancanegara. Snorkellling jauh lebih aman bagi penyelam pemula untuk menikmati keindahan alam bawah laut. Di samping itu snorkeling dapat dilakukan di perairan dangkal yang tidak terlalu berbahaya.
Area Snorkelling terbaik dikawasan Asia Tenggara terdapat di pulau Kanawa. Di wilayah perairan pulau ini terdapat berbagai jenis karang yang merupakan rumah bagi berbagai jenis karang yang merupakan rumah bagi berbagai jenis ikan. Terdapat penyu, batu batu karang dan hiu.
Lokasi pulau Kanawa ini sekitar 10 km dari Labuan Bajo memakan waktu lebih dari satu jam menggunakan perahu. Tepatnya persis berbatasan dengan Taman Nasional Komodo.
Bila Berwisata di Labuan Bajo belumlah puas, anda dapat menyusuri daerah wisata lain di pulau Flores. Melalui jalan darat dengan menggunakan bis 12 tempat duduk anda dapat menuju Ruteng, Bajawa, Ende, Moni, atau Maumere.

Pastikan Anda membawa lotion anti nyamuk dan obat anti malaria, karena Labuan Bajo merupakan daerah endemis malaria. Bawa juga krim sunblock, topi, dan kacamata hitam, karena udara di sini sangat panas selama musim kemarau. Namun Anda dapat membeli perlengkapan ini di supermarket di kota atau dari toko hotel. Dan informasi tambahan, untuk menuju Labuan Bajo, mengeluarkan biaya yang lumayan besar, tapi itu semua akan terbayar di Labuan Bajo mungkin cuman itu informasinya yang bisa gw sampein, mohon maap klo ada kesalah dan kekeliruan, tolong dikomen juga ya, salam traveller!
6 Responses
  1. Bethari Yoscar Says:

    Seru kayaknya, ayok ajak anak2 86!!!!

  2. B - QORE Says:

    Coba maenin menu brdasarkan daerahnya

  3. Kustiawan Says:

    Sangat informatif dan sangat bermanfaat bagi yg belum pernah pergi

  4. penny augusta Says:

    Menarik & informatif ! Kalo bisa tambahin info ttg budaya n wiskul daerah setempat donk....

  5. Anonim Says:

    Informatif...iyaa ya.. kulinernya apa sama kayak Lombok ye..bisa kelihatan juga dari pantai Senggigi nih...

  6. kebomerah Says:

    Thanks infonya Gan...tambahin info sovenir dan kuliner dung Gan..

Posting Komentar

abcs